Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah notasi yang digunakan untuk menulis program pada komputer. Bahasa ini dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu bahasa mesin, bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. 

 

1. Bahasa mesin (machine language) berupa microinstruction atau hardwire. Programnya sangat panjang dan sulit dipahami. Disamping itu sangat tergantung pada arsitektur mesin. Keunggulannya adalah prosesnya sangat cepat dan tidak perlu interpreter atau penterjemah Bahasa tingkat rendah (low level language) berupa macroinstruction (assembly). Seperti halnya bahasa mesin, bahasa tingkat rendah tergantung pada arsitektur mesin. Programnya panjang dan sulit dipahami walaupun prosesnya cepat. Jenis bahasa tingkat ini perlu penterjemah berupa assembler. 

2. Bahasa pemrograman aras rendah cenderung mendekati level komputer, ini artinya bahwa bahasanya itulis mendekati atau sama dengan bahasa mesin komputer, hal ini sangat sulit ditulis karena bahasanya jauh dari bahasa manusia yang digunakan sehari-hari. 

3. Bahasa pemrograman yang lebih  mudah dipelajari adalah bahasa pemrograman aras tinggi. Disebut aras tinggi karena bahasanya mendekati level bahasa manusia sehingga lebih mudah dipahami. Bahasa tingkat tinggi (high level language) menyerupai struktur bahasa manusia sehingga mudah dipahami. Bahasa ini tidak tergantung pada arsitektur mesin tetapi memerlukan penterjemah berupa compiler atau interpreter. Secara garis besar ada dua kategori bahasa pemrograman yaitu: bahasa pemrograman aras rendah (low level) dan bahasa pemrograman level tinggi (high level). 


Dalam memilih bahasa pemrograman harus memperhatikan hal-hal yang dimiliki oleh bahasa tersebut, dan tentunya setiap bahasa pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan yang harus kita pertimbangan dalam memilihnya.


Untuk mengenal bahasa pemrograman Anda bisa akses Glot.io dan temukan bahasa pemrograman yang menurut anda sesuai dengan kesukaan Anda, atau bisa dipelajari sambil berjalan beberapa bahasa pemrograman untuk menemukan bahasa pemrograman yang cocok dan paling disenangi.

Bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pembelajaran pemrograman adalah bahasa pemrograman terstruktur dan memungkinkan juga bahasa pemrograman berorientasi objek yang banyak digunakan pada penggunaan pembuatan aplikasi di industri.