Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Pemrograman

Pendahuluan. Pekerjaan sebagai programmer merupakan pekerjaan yang sangat penting karena mampu membuat perangkat lunak yang digunakan untuk menginstruksikan komputer sebagai peralatan yang sesuai dengan yang diinginkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah komputer adalah Aliran instruksi secara logic, Prosedure matematik, tampilan yang akan muncul pada monitor, informasi yang ditampilkan oleh user, program harus "user friendly", serta Petunjuk penggunaan.

Perangkat Keras Komputer.  Komponen utama pada perangkat keras, terletak pada pusat komputer yaitu prosesor, yang berfungsi mengeksekusi program komputer.  Memori yang digunakan menyimpan program ketika prosesor sedang bekerja. Tempat penyimpanan dan pertukaran data atau dikenal sebagai Input/Output (I/O).

Arsitektur Komputer. Arsitektur Von Neumann (Yohanes Von Neumann) menggambarkan langkah-langkah diatur oleh kendali suatu program.  Pada sebuah sistem komputer, memori berisi instruksi dan bersama-sama prosesor melaksanakan dan menggerakkan data.  Memori suatu sistem komputer tidak pernah kosong dan selalu terisi apakah berupa instruksi ataupun berupa data.  Instruksi diambil dan dibaca dari memori menuju processor, sedangkan data dibaca dari dan ditulis oleh processor ke memori.

Arsitektur komputer terdiri dari Central Processing Unit (CPU), Memori, Random Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM) [Erasable Read Only Memory (EPROM); Electically Erasable ROM (EEROM)], Memory Flash.

Kerja Komputer. Suatu sinyal yang dikirimkan dari suatu pemancar (transmitter) ke penerima (receiver) untuk berkomunikasi adalah berupa data.  Data-data yang biasa dijumpai sehari-hari memiliki bentuk, antara lain: suara, huruf, angka, dan karakter lain (tulisan tangan atau dicetak), foto, gambar, dan film. Suatu sistem yang dapat memproses nilai yang kontinyu berbanding terhadap waktu dinamakan sistem analog.  Pada sistem analog, nilainya biasanya diwakili oleh tegangan, arus dan kecepatan. Sistem yang memproses nilai diskrit (langkah demi langkah) dinamakan digital, dan untuk menunjukkan suatu nilai digunakan simbol yang dinamakan digit.

Sebuah komputer terdiri dari saklar-saklar yang menggunakan komponen elektronik berupa transistor yang banyak jumlahnya dan digunakan untuk memproses data yang banyak dalam konsep 0 dan 1.  Setiap angka 0 dan 1 disebut Bit (Binary Digit).  Binary merupakan istilah sistem bilangan Biner (Binary Number System). Sistem bilangan biner disusun menggunakan angka 0 dan 1 dengan rumus 2 pangkat n.

Sistem Bilangan. Sistem bilangan dalam pembahasan ini adalah desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan yang paling banyak digunakan dalam sistem digital karena sistem bilangan nya mewakili logika, sedangkan bilangan oktal dan heksadesimal digunakan dalam sistem digital untuk memperpendek penyajian suatu bilangan biner.

Pemrograman Komputer. Program Komputer merupakan sebuah instruksi yang digunakan komputer untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh user.  Sekumpulan instruksi-instruksi tersebut diatas disebut dengan Algoritma.  Algoritma merupakan kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah.  Catatan langkah-langkah ini diurutkan secara sekuensial.  Dalam algoritma langkah pertama harus dilakukan lebih dahulu sebelum langkah kedua dan seterusnya.

Pada contoh dibawah, komputer diinstruksikan untuk menghitung besarnya gaji pegawai, untuk dapat bekerja maka langkah-langkah tersebut harus diubah menjadi bahasa pemrograman.

Algroritma:

  1. Menampilkan pesan pada layar “ berapa jam kamu bekerja?”
  2. Menunggu pengguna memasukan data jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory.
  3. Menampilkan pesan pada layar “ berapa besarnya gaji tiap jamnya?”
  4. Menunggu pengguna memasukan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory
  5. Komputer melakukan perkalian antara jumlah jam dengan gaji perjam
  6. Komputer menampilkan hasil perhitungan gaji pegawai yang harus dibawa pulang.

 

Contoh Program (Bahasa Pemrograman C++):

#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
    double jam, besar, bayar;
    cout << "Berapa Jam Kamu bekerja? ";
    cin >> jam;
    cout << "Berapa besar gaji tiap jamnya? ";
    cin >> besar;
    bayar = jam * besar;
    cout << "Kamu mendapatkan Gaji (Rp)" << bayar << endl;
    return 0;
}

Keluaran:
Berapa Jam Kamu bekerja? 10
Berapa besar gaji tiap jamnya? 15000

Kamu mendapatkan Gaji (Rp)150000

 


Pemrograman Terstruktur 

Merupakan suatu tindakan untuk membuat program yang berisi instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis supaya mudah dimengerti, mudah dites, dan mudah dimodifikasi. Pemrograman terstruktur adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat mengunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan. Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur. Sedangkan Prosedur adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu.   Contoh : Cobol, Turbo Prolog, C, Pascal, Borland Delphi.



OOP (Object-Oriented Programming)

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain: Visual Foxpro, Java, C++, Visual Basic.NET, Ruby dan Python.