Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulisan Bahasa Pemrograman

Penulisan Bahasa Pemrograman. Secara umum, bahasa pemrograman yang berbasiskan prosedur terdiri dari blok atau subprogram. Yang memiliki dua bagian utama yaitu: Bagian deklarasi dan Bagian Statement.

 

Bagian Deklarasi.  Bagian deklarasi merupakan bagian program untuk mendefinisikan tipe data suatu variabel, konstanta, serta fungsi dan prosedur yang akan digunakan pada program.

Bagian Statement. merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi/dijalankan. Pada bahasa Pascal, bagian statement selalu diawali dengan reserved word begin dan end. Apabila blok statement adalah blok utama program, maka reserved word end harus diakhiri dengan tanda titik(.), sebaliknya jika blok statement bukan blok utama program maka reserved word end diakhiri dengan tanda titik koma (;). Sebaliknya pada bahasa C, dimulai dari deklarasi variable hingga akhir statement diawali dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal { dan }. Berikut adalah contoh potongan kode untuk implementasi menghitung luas lingkaran dengan Bahasa.

Element Bahasa Pemrograman.

Ketika kita mempelajari suatu bahasa pemrograman, kita kan menjumpai element-element yang pada dasarnya sama antara satu bahasa dengan bahasa lain.  Elemen bahasa pemrograman adalah aturan leksikal, tipe data, expression, Statement, serta Function dan Procedure.

Aturan leksikal yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh.  Aturan ini meliputi beberapa element antara lain: Token, Komentar, Identifier, Keywords (Reserve Words), Operator.